Definisi dan Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

Para pebisnis dan wirausahaan muda sekalian.  Kali ini kita perlu mengerti apa itu Wirausaha dan Kewirausahaan.

Definisi dan Pengertian
Wirausaha dan Kewirausahaan (entrepreneurship), merupakan istilah yang masih baru di Indonesia.  Secara historis, konsep kewirausahaan ini mulai diperkenalkan pada abad ke-18 di Perancis oleh Richard Cantillon.  Pada periode yang sama, di Inggris juga sedang terjadi revolusi industri yang melibatkan sejumlah wirausaha.

Selanjutnya gagasan kewirausahaan ini dibahas dibahas secara lebih mendalam oleh Joseph Schumpeter, seorang ahli ekonomi Jerman, pada 1911 (Ojat Darojat, 2007).  Melalui teori pertumbuhan ekonomi, konsep kewirausahaan telah didudukkan pada posisi yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan.
Pengertian kewirausahaan itu sendiri berkembang sejalan dengan evolisi pemikiran para ahli ekonomi di dunia barat, kemudian menyebar kenegara-negara lain termasuk ke Indonesia.  Di negara kita konsep entrepreneurship tersebut dialih bahasakan sebagai kewiraswastaan atau kewirausahaan, sementara entreprenuer sebagai wirausaha.

Menurut Pinchot (Husaini Usman, 2010), kewirausahaan itu merupakan kemampuan untuk menginternalisasikan bakat, rekayasa, dan peluang yang ada.  Sementara wirausaha adalah orang yang berani mengambil resiko, inovatif, kreatif, pantang menyerah, dan mampu menyiasati peluang secara tepat.

Menurut Kemendiknas (2010; 15-17), kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang sangat bernilai bagi dan berguna; baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang orang lain. 

Menurut Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmere (Kemendiknas, 2010), wirausahaan adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan pelbagai sumber daya yang dibutuhkan, untuk mengambil keuntungan dan tindakan yang tepat, serta memiliki sifat, watak dan kemauan untuk mewujudkan gagasan inovatif dalam rangka meraih sukses/meningkatkan pendapatan.

Soeparman Soemahamidjaja (1980), wirausaha itu mencakup semua aspek pekerjaan, baik pengusaha, pedagang, karyawan swasta maupuj pemerintah.  Dengan demikian, siapa saja yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preparation) hidup, itulah yang disebut sebagai wirausaha.

sumber:Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Pustaka Pelajar Yogyakarta (hal. 23-26)
Tag : teori
0 Comments for "Definisi dan Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan"

Berikan komentar anda [No Spam, No SARA, No Porn]. Terima kasih

Back To Top