7 Langkah Menentukan Bisnis Rumahan Untuk Menambah Penghasilan

Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman dalam melakukan kegiatan penjualan/perdagangan /Bisnis alat ATK, Fotocopy dan Laminating di Banjarmasin.

Lokasi tempat bisnis tersebut adalah di depan rumah sendiri dan bisnis tersebut dibuat setelah kami melakukan riset kecil-kecilan terhadap peluang yang ada dan belum dijamah oleh orang lain.  Hasilnyapun lumayan untuk menambah penghasilan harian.

Baca Juga: Menjadikan Potensial Peluang Bisnis Menjadi Nyata

7 Langkah Menentukan Bisnis Rumahan Untuk Menambah Penghasilan

Ada beberapa langkah yang kami lakukan dalam melakukan bisnis ini, seperti...
  1. Kenali Lingkungan Sekitar:  Data hasil riset kami menunjukkan bahwa lingkungan di tempat kami adalah komplek orang-orang pekerja dan memiliki tiga buah Sekolah Dasar dan satu Sekolah Menengah Pertama.  Namun, hasil riset yang telah dilakukan perlu dilakukan pengecekkan ulang dengan memahami atau mengenal perkembangan lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini.  Setiap perkembangan dan perubahan perlu mendapat respon dari kita.  Apa yang akan kita perbuat dalam setiap perubahan tersebut.
  2. Kenali Calon Pembeli atau Market Share Anda:  Setelah mengenal lingkungan, selanjutnya kita menentukan kebutuhan yang belum ada terpenuhi bagi calon pembeli kita.  Dari sini kita akan dapat menentukan bentuk usaha bisnis yang akan kita kelola.  Pengenaanl calon pembeli ini akan menentukan usaha bisnis Anda tentang besarnya market share yang akan digarap nantinya.
  3. Kenali Pembeli Anda:  Setelah bisnis berjalan, langkah selanjutnya adalah mengenal kebiasaan pembeli/pelanggan Anda. Baik dari segi psikologis, kebiasaan maupun keperluan yang dicarinya.
  4. Beri Harga Kompetitif:  Berilah harga yang wajar dan jangan memberi kesan mahal.  Jika perlu ada satu jenis yang harganya sama dengan harga toko supplier, dan keuntungan didapat bukan dari jenis barang itu melalinkan barang yang lainnya.  Usahakan barang yang mudah didapat pembeli harganya yang wajar dan kompetitif dengan harga pasaran kecuali harga pada barang yang susah dicari berikan sedikit kenaikkan yang wajaar pula.
  5. Berikan Kepuasan Pelanggan/Pembeli:  Pembeli atau pelanggan adalah raja, jadi berilah layanan yang baik agar suasana bertraksaksi Anda dengan pembeli enak dan nyaman.  Kondisikan roman muka Anda terkesan murah senyum dan iklas dalam melayani pembeli.
  6. Ciptakan Produk /Terobosan:  Kita perlu menciptakan peluang yang baru selain barang yang ada namun masih mempunyai kaitan yang erat dengan bahan dan barang yang ditawarkan dalam bisnis tersebut. Contohnya, kita membuat Label buku bergambar lucu dll.
  7. Buatlah Promosi:  Dalam bisnis Promosi itu penting agar orang mengetahui keberadaan Anda.  Promosi bisa dilakukan dengan cara membuat banner sebagai sarana informasi bagi lingkungan sekitar.  Pasanglah banner tersebut di posisi yang strategis, seperti di persimpangan jalan aatau di tempat warung tempat orang ngumpul sarapan dll.
Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi inspirasi.  Aamiin YRA...
Tag : tips
0 Comments for "7 Langkah Menentukan Bisnis Rumahan Untuk Menambah Penghasilan"

Berikan komentar anda [No Spam, No SARA, No Porn]. Terima kasih

Back To Top